10 Tips Liburan Keluarga

By on March 28, 2013

Liburan keluarga tentunya berbeda dengan berlibur sendiri. Ada hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk menghindari pengeluaran berlebihan di tempat liburan. Simak beberapa tips liburan cerdas ini.

Nah mungkin Anda sudah punya rencana untuk liburan long weekend besok, namun ini bisa Anda gunakan sebagai panduan liburan berikutnya ya..

Tips liburan bersama keluarga

1. Rencanakan liburan jauh-jauh hari. Cari waktu yang tepat untuk seluruh anggota keluarga. Musim liburan tarif transportasi dan akomodasi biasa mengalami kenaikan. Jadi lakukan reservasi jauh-jauh hari.

2. Akali anggaran. Alih-alih menyiapkan anggaran besar untuk berlibur ke tempat yang diinginkan, cobalah berlibur ke tempat alternatif yang pas dengan anggaran anda. Cari tempat yang tepat untuk liburan keluarga tanpa perlu biaya yang terlalu mahal. Misal, Karimunjawa daripada Bali jika anda tinggal di Jawa.

Tips liburan bersama keluarga

3. Jika memilih untuk mengikuti tur yang diadakan oleh travel agent, cek total harga yang harus dibayar. Cermati harga yang ditawarkan termasuk fasilitas apa saja? Jangan sampai terkecoh dengan harga murah yang ternyata menjadi mahal karena belum termasuk ini dan itu. Jangan lupa untuk tetap membandingkan paket tur yang anda pilih dengan travel agent lain.

4. Jika melakukan aktifitas outdoor, gunakan atau bawa tas punggung.

5. Bawa barang-barang praktis untuk kebutuhan keluarga kamu. Misal kain pantai, kantong plastik, botol minuman, cemilan, sunblock, travel pillow, dan lain-lain. Jangan lupa juga membawa obat-obatan saat meninggalkan penginapan. Kita tidak pernah tahu kapan kita memerlukan obat-obatan tersebut.

6. Tukarkan uang recehan sebelum bepergian. Uang recehan sangat membantu apabila kita membeli minuman/snack, parkir, hiburan lokal dan lain-lain.

Tips liburan bersama keluarga

7. Saat mengunjungi Situs, Museum, Taman Nasional dan Cagar Alam, lebih baik menyewa pemandu. Banyak informasi yang akan terlewatkan apabila kita malas untuk menyewa pemandu.

8. Keperluan akan extra bed bisa disiasati dengan meminta kamar ukuran kingsize, atau memilih kamar dengan fasilitas sofabed.

9. Tempatkan toiletteries kedalam botol-botol kecil. Jika ingin membawa shampoo ataupun sabun cair sendiri, pindahkan ke botol-botol kecil, agar ringkas dan ringan saat dibawa.

10. Buat list oleh-oleh yang ingin keluarga kamu bawa pulang. Juga list keluarga besar dan teman-teman tiap anggota keluarga yang ingin dibelikan oleh-oleh. Hal ini untuk menghindari lupa atau kelebihan membeli oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× nine = 81

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>