Pucuk Merah, Tanaman Hias yang Kaya Manfaat

Pucuk Merah dapat menyaring udara hingga menjadi teh herbal.

TANAMAN dengan nama latin Syzygium Oleana ini cukup mudah dikenali. Ia memiliki daun berbentuk lancet yang tumbuh rapat antara satu dengan yang lainnya. Daun-daun tersebut akan mengeluarkan warna merah menyala yang cantik saat masih muda, lalu perlahan berubah menjadi hijau seiring pertambahan usia daun.

Dengan ciri khas tersebut, Pucuk Merah sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Selain sebagai penghias rumah, Pucuk Merah juga memiliki manfaat-manfaat lain. Yuk, simak apa saja manfaat si merah yang cantik ini!

1. Menyerap karbondioksida di udara

Tanaman hias tidak hanya diminati karena mampu mempercantik rumah, tapi juga mampu menyaring udara. Nah, jika kamu menanam tanaman demi tujuan tersebut, Pucuk Merah adalah pilihan yang tepat.

Pasalnya, Pucuk Merah terbukti memiliki kemampuan menyerap karbondioksi pada yang lebih besar dibanding jenis tanaman lainnya. Otomatis, udara di sekitar rumah kamu akan lebih bersih dan segar!

2. Mencegah longsor di daerah perbukitan

Sebagai salah satu tanaman besar, Pucuk Merah memiliki struktur akar tunggang yang kuat. Akar ini akan menghujam tanah dengan kokoh untuk menopang batang pohonnya yang besar.

Dengan struktur akar tersebut, Pucuk Merah sangat cocok dimanfaatkan sebagai tanaman pencegah longsor. Apalagi bagi kamu yang tinggal di daerah perbukitan atau di daerah rawan longsor.

3. Menyimpan cadangan air di musim kemarau

Tidak hanya mampu mencegah longsor saat musim hujan, Pucuk Merah juga mampu menyerap air hujan dan menjadikannya cadangan air untuk musim kemarau.

Lagi-lagi, hal ini berkat struktur akar tunggangnya yang besar. Akar tersebut mampu menyerap dan menyimpan air dalam jumlah banyak.

4. Sebagai pengharum ruangan

Selain memiliki warna yang unik dan indah, daun pucuk merah juga bisa dimanfaatkan sebagai pengarum ruangan alami lho. Pasalnya, ia mengandung minyak atsiri yang memiliki aroma khas.

Untuk mendapatkan aroma tersebut, kamu cukup meremas daun Pucuk Merah hingga hancur. Aroma khas minyak atsiri pun akan segera menyebar dan mengharumkan rumah.

5. Teh herbal untuk mengobati berbagai penyakit

Daun Pucuk Merah dapat memberi khasiat kesehatan jika diminum sebagai teh herbal. Daun tersebut memiliki kandungan antioksidan alami yang efektif menangkal radikal bebas.

Selain itu, teh Pucuk Merah juga mampu mengobati berbagai penyakit. Pada dosis tertentu, kandungan polifenol di dalamnya mampu menjaga kesehatan pankreas dan mencegah penyakit diabetes.

6. Sebagai pewarna makanan alami

Manfaat Pucuk Merah selanjutnya adalah sebagai pewarna makanan alami. Pigmen oranye-merah dari daun tersebut akan mengeluarkan warna merah yang cantik.

Untuk mendapatkan warna tersebut, kamu hanya perlu merebus daun Pucuk Merah hingga air berubah warna. Setelah itu, pewarna makanan alami pun siap dicampurkan dengan masakan.

7. Sebagai pagar tanaman hidup

Jika dirawat dengan tepat, Pucuk Merah dapat tumbuh hingga tujuh meter dengan diameter 30 cm. Dengan ukuran tersebut, tanaman hias ini sangat cocok dijadikan pagar tanaman hidup.

Tanam pucuk merah dengan berdekatan antara satu pohon dengan pohon lainnya agar pagar tumbuh rapat dan memberi privasi. Namun, tetap beri jarak dengan mempertimbangkan pertumbuhannya.

Itulah manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tanaman Pucuk Merah. Selain enak dipandang, ternyata ia juga multifungsi ya.

Tanaman Hias Syzygium Oleana