Stres Dapat Mempengaruhi Sistem Imun Tubuh di Masa Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, banyak orang mulai merasa stres. Padahal, stres dapat memengaruhi sistem imunitas tubuh manusia.

SAAT stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah tinggi. Akibatnya, tubuh mengalami peradangan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, stres juga dapat menurunkan kadar limfosit atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah tingkat limfosit, semakin tinggi risiko kita terkena virus.

Banyaknya informasi simpang siur mengenai penyebaran Covid-19 akan semakin mengundang ketakutan dan kecemasan. Apalagi, himbauan untuk melakukan social distancing dan bekerja dari rumah demi mencegah penyebaran virus juga turut berkontribusi pada stres.

Di tengah pandemi virus Corona baru (Covid-19), setiap orang harus taat pada pembatasan sosial, yang berdampak pada tekanan kesehatan mental. Pembatasan sosial berskala besar yang sekarang ditetapkan oleh pemerintah sangat berpotensi untuk memicu tekanan kesehatan mental.

Berdasarkan anjuran yang dikeluarkan Association Psychology American dan American Psychiatric Association, direkomendasikan beberapa hal sederhana agar seseorang terhindar dari stres selama masa pandemi ini. Hal-hal tersebut antara lain tetap terkoneksi secara sosial dengan teman-teman.  Bangun komunikasi untuk mendiskusikan hal-hal baik dan membangun energi dan tidak melulu mengenai pademi.

Situasi pandemi ini menjadi suatu kesempatan yang baik bagi keluarga di Indonesia. Budaya komunal, atau budaya bersama-sama, yang kental dalam keluarga dan masyarakat Indonesia seharusnya membuat  orang tidak kesulitan untuk tetap betah tinggal di rumah dan berinteraksi dengan keluaraga.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University, menemukan bahwa orang yang menggunakan keluarga dan teman-teman mereka sebagai penyangga stres, dapat membantu dalam mengatasi stres. Bahkan, orang yang menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman merupakan cara yang lebih sehat untuk mengatasi stres.