Tanaman Hias yang Diminati Selama Pandemi

Memulai bisnis tanaman hias saat pandemic berlangsung dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Dikarenakan tanaman hias diyakini menjadi komoditas agrobisnis yang banyak disukai oleh masyarakat.

Janda Bolong

Tanaman Hias merupakan salah satu hobi yang banyak ditekuni orang-orang selama masa pandemic, bercocok tanam juga menjadi salah satu pilihan yang banyak dipilih orang-orang, untuk membuat bisnis tanaman hias dan beberapa pernak-perniknya seperti aneka tanaman.

Menanam menjadi pilihan untuk membuat kita mempunyai aktivitas. Selain memperindah tampilan rumah, tanaman hias juga memberikan relaksasi stress selama masa pandemic. Selain itu, hobi yang satu ini mengeluarkan modal yang cukup beragam, tetapi untuk melakukan bisnis, harus memiliki kemampuan agar bisnis menguntungkan.

Surat ijin pengeluaran benih tanaman hias secara total, sejak Januari-Juli 2020 terdapat 24,33 juta benih yang telah dikeluarkan. Padahal baru bulan mei lalu mencapai 13,42 juta benih yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian yang mencatat tingginya permohonan pengeluaran (ekspor) benih tanaman hortikultura terutama tanaman florikultura (tanaman hias). Permohonan izin pengeluaran benih hortikultura yang masuk ke Direktorat Jenderal Hortikultura.

Tanaman hias kini menjadi salah satu bagian dari gaya hidup dan prestise di masyarakat, Bagi yang ingin juga menekuni hobi satu ini atau sekaligus menjadikannya sebagai lading bisnis, perlu mengetahui update-update tentang tanaman apa saja yang sedang naik daun dan laris manis yang dicari masyarakat selama masa pandemi.

Janda Bolong

Janda Bolong atau Monstera adansonii menurut Royal Botanic Garden Kew yang mengelola Plants of The World. Bahwa habitat asli Monstera berasal dari Amerika, yang mana daerahnya beriklim tropis.

Tumbuhan merambat dari daerah tropis di Amerika Selatan ini dikenal sebagai tanaman obat. Dalam publikasi ilmiah berjudul Medicinal Plants of the Guianas (2004), khasiat janda bolong tidak diperoleh dengan memakannya karena mengandung racun. Sebagian orang-orang lokal di tempat flora ini berasal menggunakan janda bolong hanya dengan mengoleskan air rebusan.

Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan menjadi bisnis tanaman hias yang serba menguntungkan. Bagaimana tidak, dalam bisnis tanaman hias bunga mawar setidaknya ada tiga usaha yang dapat dilakukan. Diantaranya dari penjualan bibit bunga mawar, penjualan bunga mawar dalam pot, dan yang paling banyak dicari yaitu bisnis bucket bunga mawar.

Biasanya Bunga mawar ini melambangkan cinta, persahabatan atau rasa syukur, sehingga peminat bunga mawar bucket segar juga menjadi pilihan para pembeli yang ingin membeli sepucuk bunga mawar untuk kekasihnya untuk wisuda, ataupun membeli untuk pernikahan.

Aglonema

Aglonema

Aglonema merupakan tanaman pot primadona yang banyak diburu karena model daunnya yang memikat. Tanaman dari suku Araceae (talas-talasan) ini telah dikenal sejak lama dan memiliki setidaknya 30 spesies.

Jenis ini memiliki banyak varian, namun yang paling populer saat ini adalah Pride of Sumatera. Jenis ini pernah meraih juara II kategori tanaman hias indoor pada ajang Floriade di Belanda. Lalu ada jenis Ruby sunset yang menyabet gelar favorit tanaman baru di arena Tropikal Plant Industry Exhibition 2007 di Miami, Florida, Amerika Serikat.

Bunga Anggrek

Saingan bunga mawar sebagai tanaman hias favorit masyarakat. Bahkan di Indonesia, anggrek lebih sering dijumpai di rumah-rumah ketimbang bunga mawar. Karena banyaknya penggemar bunga inilah sehingga bisnis bunga anggrek menjadi salah satu bisnis tanaman hias yang menguntungkan.

Setidaknya bisnis bunga mawar memiliki dua model usaha, yaitu penjualan bibit bunga anggrek dan penjualan bunga anggrek yang sudah dewasa. Potensi bisnis tanaman anggrek juga sangat besar. Walau begitu, potensinya masih di bawah bunga mawar karena bunga anggrek tidak dijual sebagai bunga potong.

Kaktus dan sekulen

Kaktus dan sekulen

Kaktus dan sekulen juga termasuk yang favorit saat ini. Kaktus banyak ditanam sebagai tanaman menghiasi dekorasi indoor rumah. Selain indah, kaktus dan sekulen juga banyak jenisnya. Tanaman ini bisa dikreasi dengan memanfaatkan aneka pot unik. Sifatnya yang tahan atau tidak rewel juga satu alasan merawatnya.

Bunga Srigading

Bunga Srigading (Nyctanthes arbor-tristis L.), tanaman legendaris ini kini laris manis karena aroma kembangnya yang istimewa di malam hari. Bunga ini identik dengan senja. Ini karena bunganya mekar saat matahari senja atau nyaris tenggelam dan layu saat matahari terbit.

Bunga Walisongo

Bunga Walisongo

Bunga Walisongo merupakan tanaman hias yang memiliki tampilan cukup menawan yang kaya manfaat diantaranya dapat menetralkan polusi udara. Bentuk daunnya menjari mirip daun singkong, dengan kombinasi warna hijau dan putih kekuningan membuat tanaman ini seringkali dijadikan pajangan dalam ruangan.

Bunga Kembang Doa

Bunga kembang doa termasuk yang populer di mana-mana. Bentuk daunnya yang lebar dan menengadah ke langit seperti sedang berdoa membuatnya diminati. Selain itu, tanaman hias ini punya postur yang besar. Ukurannya yang membesar justru menambah eksotikanya. Tanaman ini disukai para pencinta bunga karena perawatannya juga cukup minimalis.

Calathea Ornata

Calathea ornata memiliki nama populer prayer plant atau peacock plant. Tanaman ini memiliki daun-daun yang sangat cantik. Tanaman yang berasal dari wilayah tropis america ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam ruang maupun luar ruangan.

Calathea ini tumbuh dalam rumpun, merupakan tanaman herbaceous menahun dengan batang yang lunak. Tunas tanaman berasal dari akar rimpang atau umbi yang terletak di bawah permukaan tanah.

Bunga Kamboja

Bunga yang cenderung dikeramatkan orang-orang dan menjadi lambang kematian, bunga kamboja. Bunga ini sering ditemukan di pemakaman-pemakaman umum. Hal itulah yang membuat bunga ini malah bergeser menjadi bunga “kematian”.

Padahal sebenarnya bunga kamboja tidak kalah indahnya dengan tanaman hias bunga yang lainnya. Potensi bisnisnya pun cukup besar. Bisa dilakukan penjualan bibit bunga kamboja, pohon bunga kamboja, hingga kamboja bonsai. Biasanya bunga ini juga dikumpulkan untuk dijadikan bahan dasar dupa atau pewangi. [Koran Jakarta]

Tanaman Hias