Tanaman Walisongo, Penetralisir Polusi di Ruangan dari Asap Rokok

Tanaman Walisongo dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang berfungsi untuk menetralisir udara di dalam rumah. Tanaman ini banyak digunakan sebagai pajangan di ruangan.

TANAMAN yang memiliki nama latin schefflera grandiflora ini memiliki ciri-ciri daunnya cukup tebal dengan warna hijau dan ada putih kekuning-kuningan. Pangkal daunnya juga seperti jari dan berjumlah 9.

Bagian daunnya yang mirip daun singkong ini memiliki fungsi seperti halnya daun lidah mertua yang mampu memfilter udara di dalam ruangan, terutama dari polusi yang disebabkan oleh rokok.

Manfaat Tanaman Walisongo

Tanaman hias yang masuk dalam kategori tanaman perdu ini memiliki banyak sekali bagi kehidupan sehari-hari, terutama untuk lingkungan sekitar Anda.

Sebagaimana fungsi dari tanaman yang banyak dikenal sebagian orang, tanaman ini mampu menyerap racun dursila di sekitar rumah atau pun di dalam rumah Anda.

Bagi Anda yang rumahnya terkena polusi udara karena anggota keluarganya aktif merokok di dalam rumah, sangat cocok untuk menanam tanaman yang memiliki cukup banyak jenis ini.

Selain berfungsi sebagai penyerap racun dursila di dalam ruangan, tanaman Walisongo juga bisa menjadi alternatif sebagai tanaman peneduh di sekitar rumah Anda. Apalagi ketinggian daun ini bisa mencapai 8 meter.

Perawatan

Karakter tanaman ini tergolong sangat mudah perawatannya dan proses penanamannya. Apalagi dalam kondisi minim air sekalipun masih bisa tumbuh dengan baik.

Kemudian, untuk penyiraman tanaman ini bisa dilakukan 2 kali sehari dengan air yang tidak terlalu banyak.

Adapun untuk pupuknya, Anda bisa menggunakan pupuk organik seperti halnya kompos maupun pupuk alami lainnya.

Agar tanaman walisongo ini lebih menarik, Anda bisa memangkasnya secara rutin. Meski begitu, Anda harus memeriksa batang yang akan dipotong, apakah jamak atau tunggal.

Bila batang tanaman ini jamak, maka bisa Anda bisa memotongnya. Namun bila batangnya tunggal, sebaiknya untuk lebih berhati-hati agar tampilannya lebih baik.

Mitos

Bagi sebagian orang, tanaman yang satu ini dipercaya sebagai penangkal roh halus yang jahat. Meski begitu, yang paling utama dari tanaman ini adalah sebagai hiasan rumah untuk menetralisir udara. Tumbuhan yang dikenal tanaman walisongo ini, karena pada bagian daunnya rata-rata berjumlah 9 helai.

Tanaman Hias