Umbul Ponggok Wisata Air

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Dan letaknya berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

KLATEN menjadi surga wisata umbul atau mata air. Selain candi-candi bersejarahnya. Bahkan Klaten dikenal sebagai kabupaten dengan 1001 Umbul atau kolam. Karena itu tak heran jika saat ini nama Klaten sering disebut-sebut oleh banyak wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburnya. Kualitas air yang jernih dan tempatnya alami menjadi perpaduan yang pas untuk merilekskan tubuh.

Klaten memang memiliki banyak sumber mata air yang memiliki daya tarik tinggi bagi para wisatawan. Pengelolaan sumber mata air dengan baik dapat membuat jumlah pengunjung meningkat drastis.

Wisata air ini menjadi salah satu ikon wisata di Klaten. Umbul Ponggok berasal dari sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih kemudian dijadikan sebagai destinasi wisata, berenang, foto underwater, pemandian dan snorkeling.

Umbul Ponggok berlokasi di Jalan Delanggu Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata hits di Klaten yang saat ini telah menjadi ikon dari kabupaten tersebut. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam air tawar yang sangat jernih.

Tempat wisata ini terbilang cukup berbeda dari kolam renang pada umumnya. Airnya berasal langsung dari mata air. Dasar kolamnya pun memiliki pasir, karang, hingga berbagai jenis ikan. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok tidak amis karena airnya terus mengalir. Wisatawan yang masuk ke dalam kolam bisa menemui beberapa spot foto menarik.

Dan bersumber langsung dari mata air asli serta dipenuhi ikan-ikan cantik. Yang membuat Umbul Ponggok menarik minat wisatawan adalah banyaknya properti yang menghasilkan spot-spot foto unik di dalam kolam tersebut. Seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop. Barang-barang bisa disewa untuk sesi foto.

Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki peralatan menyelam. Sebab, mengutip situs resminya, pihak tempat wisata menyewakan beberapa perlengkapan. Untuk snorkeling, pengunjung bisa menyewa pelampung, kaki katak, dan masker khusus snorkeling.

Dasar kolam yang menjadi tempat wisata bawah air Klaten ini adalah pasir dan bebatuan, sehingga membuat airnya senantiasa bening. Karena ketinggian kolamnya yang tidak terlalu dalam, banyak wisatawan memanfaatkan Umbul Ponggok ini sebagai tempat untuk berlatih Diving.

Foto underwater di Umbul Ponggok menjadi incaran utama wisatawan. Bisa berfoto di bawah air memakai berbagai properti seperti kursi dan meja, televisi, sepeda hingga motor. Selain itu, ada snorkeling yang memungkinkan untuk menyelam bersama ikan-ikan indah.

Umbul Ponggok letaknya berada di Jalan Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan dan akses jalan yang bisa dilalui bus besar.

Sehingga sangat disayangkan jika sedang berada di Klaten atau sekitarnya tetapi tidak mampir untuk berfoto ria di Umbul Ponggok. Ditambah lagi akses menuju lokasi yang cukup mudah dijangkau. Untuk alamat lengkapnya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. [Koran Jakarta]

Umbul Ponggok Wisata Alam Jawa Tengah