Umbul Sigedang, Wisata Alam Menyejukan

Klaten terkenal memiliki cukup banyak umbul atau mata air di berbagai wilayahnya. Umbul Sigedang merupakan salah satu potensi Umbul yang dimiliki Klaten.

TERKENAL dengan pemandangan birunya air yang berkilauan. Umbul Sigedang menawarkan kesegaran kolam air alami dengan suasana kawasan pedesaan yang tenang nan teduh.

Umbul Sigedang atau yang kerap disebut sebagai Umbul Kapilaler berada di Umbulsari, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Umbul ini juga kerap disebut sebagai mata air mineral seribu galon lantaran lokasinya yang berdampingan dengan sumber air mineral dalam kemasan AQUA.

Umbul Sigedang terletak di Dukuh Umbulsari Desa Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Untuk menuju lokasi wisata ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 25 menit dari pusat kota dengan jarak 10 kilometer.

Umbul Sigedang ukurannya memang tidak terlalu besar. Namun kolamnya yang berbentuk bulat tersebut tetap mampu menarik perhatian pengunjung. Selain bisa merasakan berenang dengan ikan-ikan, pengunjung juga bisa mendapatkan sensasi berenang di kolam air mineral.

Obyek wisata yang memiliki nama lain Umbul Kapilaler itu terbilang cukup ramai dikunjungi. Banyak wisatawan yang tak melewatkan kesempatan untuk bermain air, berendam, berenang dan bahkan menyelam.

Air di obyek wisata ini memang terasa menyegarkan. Maka tak heran bila wisatawan betah berlama-lama di dalamnya. Terlebih pemandangan di sekitar umbul juga bisa dijadikan latar belakang foto yang menarik. Di salah satu sisi terdapat kumpulan pohon yang dahannya menjalar cukup banyak. Sisi inilah yang sering dimanfaatkan untuk berfoto.

Pengunjung bisa berenang bersama ikan-ikan dalam kolam dengan air bening ini. Jika tidak ingin berenang, Anda bisa menikmati suasana taman yang nyaman dan jauh akan polusi. Sangat cocok untuk destinasi di akhir pekan bersama keluarga.

Terletak di Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Sekitar enam kilometer arah barat Jalan Raya Utama Solo-Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah pemukiman warga. Untuk dapat sampai ke area wisata, Pengunjung harus melalui jalan yang menurun.

Bukan saja suasananya yang mengasyikkan, tetapi fasilitas di lokasi juga lengkap. Ada toilet bersih yang bisa dijadikan ruangan ganti baju. Di sudut lain terdapat warung yang menyediakan aneka menu yang menggugah selera. Selain itu, Umbul Sigedang juga memiliki tempat persewaan untuk bermain air, seperti baju renang dan pelampung. [Koran Jakarta]

Umbul Sigedang Wisata Alam Jawa Tengah