10 Cara Tepat dan Alami Mengatasi Keputihan

Nyaris semua wanita pernah mengalami keputihan. Keputihan atau fluor albus merupakan sekresi vaginal pada wanita.

Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Sedangkan keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi, biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Keputihan ini antara lain disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan pada saluran kemih, sehingga menimbulkan rasa perih saat buang air kecil.

Meskipun umum dialami wanita, jangan dianggap sepele ya ladies!  Karena jika tidak diatasi dengan segera, keputihan  akan berubah menjadi penyakit yang membahayakan.

Kita bisa melakukan langkah penanganan keputihan tersebut dengan cara yang mudah, aman, dan alami. Bagaimana caranya? Berikut informasi selengkapnya!

1. Gunakan air rebusan daun sirih

Daun sirih sudah sangat terkenal mampu merawat dan menjaga kesehatan organ intim kewanitaan. Sebab  daun sirih mengandung senyawa antioksidan, antibakterial, dan antiseptik yang mampu merawat organ intim.

Nah Anda juga bisa mengobati keputihan dengan daun sirih. Caranya rebus daun sirih dalam air secukupnya, kemudian gunakan air rebusan yang telah hangat untuk membersihkan organ kewanitaan secara rutin.

2. Konsumsi bawang putih

Selama ini bawang putih dikenal sebagai bumbu masakan yang banyak digunakan untuk mengolah makanan. Namun ternyata, bawang putih mengandung senyawa antibakterial dan antiseptik yang mampu membunuh kuman ataupun bakteri penyebab keputihan.

Untuk menyembuhkan keputihan dengan bawang putih,  konsumsi secara rutin bahan rempah-rempah tersebut. Usahakan minimal satu hari Anda mengonsumsi bawang putih sebanyak 1 siung.

3. Jaga kelembaban miss V

Dengan selalu menjaga kelembaban miss V, maka seorang wanita akan lebih mudah mengobati keputihan yang sedang mereka alami.

Kelembaban miss V akan sangat mempengaruhi kadar pH dalam miss V. Adapun kadar pH yang ideal untuk organ kewanitaan tersebut adalah 3,5.

Tidak disarankan untuk menggunakan pembersih semprot, sebab pembersih tersebut akan mengakibatkan kelembaban dalam miss V terganggu.

4. Selalu menjaga kebersihan miss V

Kebersihan sangatlah penting dalam menghilangkan keputihan secara alami. Karena kondisi miss V yang kotor akan mengakibatkan perkembangbiakan bakteri dan kuman keputihan semakin tinggi.

Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda harus lebih bisa menjaga kebersihan bagian organ kewanitaan secara rutin. Minimal lakukan pembersihkan pada bagian miss V ketika mandi.

5. Lakukan pembersihkan dengan benar

Memang menjaga kebersihan miss V bisa menjadi cara mengobati keputihan secara alami, tetapi jika cara membersihkan tidak dilakukan dengan tepat maka tidak akan membuat kuman dan bakteri hilang.

Cara membersihkan organ kewanitaan yang benar adalah dengan membersihkan dari arah vulva ke bagian anus. Tehnik ini akan membuat bakteri yang menempel di sepanjang vulva sampai anus bisa hilang. Sebab bagian-bagian seperti inilah yang cenderung banyak bakteri, jamur, dan bahkan virusnya.

6. Gunakan pembalut yang tepat

Pembalut merupakan teman akrab  wanita, terutama saat menstruasi. Dengan adanya pembalut, maka darah mens yang keluar dari miss V dapat diserap secara optimal.

Selain berfungsi untuk menyerap darah haid, pemilihan pembalut yang tepat juga sangat berguna untuk mengatasi keputihan dengan cepat. Maka dari itu perhatikan selalu pembalut yang Anda gunakan.

Pilihlah pembalut yang lembut dan mudah menyerap keringat ataupun cairan keputihan. Jangan lupa ganti pembalut setiap dua jam sekali, terutama setelah pembalut sudah banyak menyerap cairan.

7. Tidur secara teratur

Tidur merupakan aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab dengan tidur beberapa organ akan mengalami relaksasi. Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, tidur secara rutin juga sangatlah bermanfaat untuk mengatasi  penyakit keputihan yang Anda alami.

Menurut penelitian di University of Chicago dari Amerika Serikat, waktu tidur yang baik untuk seseorang adalah lebih dari 6 jam. Akan lebih baik lagi apabila Anda memenuhi waktu tidur setiap hari lebih dari 8 jam.

Dengan memenuhi waktu tidur, maka sistem hormon dalam tubuh  akan bekerja dengan lebih baik, akibatnya penyakit keputihan dapat sembuh dengan sendirinya.

8. Hindari seks bebas

Hubungan pasangan suami istri haruslah Anda jaga sebaik mungkin, sebab dengan berhubungan bersama orang lain Anda akan lebih beresiko tinggi terkena keputihan.

Bahkan jika terus Anda lakukan, virus yang ada dalam miss V akan semakin berkembang pesat, yang pada akhirnya menyebabkan kanker serviks dan kemandulan.

Ada baiknya Anda tidak melakukan hubungan intim selain dengan pasangan resmi. Dengan demikian, penyebaran virus penyebab keputihan (salah satunya HIV/AIDS) bisa dicegah.

9. Hindari stres

Stres merupakan kondisi tertekan akibat banyaknya masalah yang sedang seseorang hadapi. Kondisi seperti ini sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan pada bagian miss V.

Saat stres, sistem hormon dalam tubuh tidak akan bekerja secara maksimal, bahkan bisa jadi hormon tersebut mengalami gangguan. Maka dari itu hindari stres agar  terhindar dari keputihan.

10. Gunakan celana dalam yang baik

Pilihlah celana dalam berbahan lembut, adem dan tidak terlalu ketat. Sebab celana yang berbahan panas dan ketat akan mengakibatkan miss V sulit bernapas, sehingga bisa menyebabkan keputihan semakin parah. Dan biasakan mengganti celana dalam minimal dua kali sehari.

Ingat ladies, biar bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Jagalah selalu kebersihan organ intim dan hindari aktivitas organ intim yang membahayakan. Jika keputihan yang Anda alami tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. [Tri]

astaga 10 cara wanita solusi keputihan kesehatan