Tips Berbusana yang Tepat untuk si Big Size agar Tampak Langsing

Semua wanita pastinya ingin tampil cantik mempesona dalam setiap kesempatan. Maka tak heran jika wanita kerap memborong banyak pakaian untuk menunjang penampilannya.

rebelcircus

Sayangnya, sebagian wanita merasa kesulitan tampil cantik karena postur tubuhnya yang 'big size'. Mereka mengaku tak percaya diri  dengan busana yang  digunakan. 

Tapi kalau kamu berpostur besar jangan khawatir ladies! Hal ini bisa diatasi ko, dengan memilih busana yang tepat. Sehingga penampilan kamu bukan hanya terlihat lebih slim tapi juga lebih stylish. Simak trik nya berikut ini:

1. Hindari memakai baju yang longgar atau terlalu sempit

Baju yang longgar tidak akan menyembunyikan ukuran tubuh kamu, melainkan menambah kesan besar. Baju yang sempit juga tidak melangsingkan, tetapi malah memperjelas bentuk tubuh dan selulit. So, pilihlah busana dengan ukuran yang pas, jangan terlalu longgar dan jangan kesempitan.

2. Hindari baju bergaris horizontal

Jangan gunakan baju bermotif horizontal, terutama bila garisnya tebal-tebal. Garis horizontal akan menekankan pada lebar tubuh kamu, sehingga kamu terlihat lebih pendek dan besar. Pilihlah baju bergaris vertikal, yang belakangan ini tengah ngehits di kalangan pecinta mode. Garis vertikal dengan warna gelap akan menyeimbangkan proporsi tubuh, menciptakan ilusi ramping pada bagian dada dan perut.

3. Cobalah baju yang monokrom

Kamu tidak mesti selalu memakai baju warna hitam atau gelap. Warna cerah pun boleh asalkan sama atau senada.
Ketika kamu mengenakan busana monokrom (satu warna dari atas ke bawah) bentuk tubuh pun akan tersamarkan. Kamu akan nampak lebih tinggi dan langsing.

4. Cobalah color block

Mencoba color block atau perpaduan dua warna kontras dapat menciptakan ilusi tinggi dan langsing. Misalnya warna cerah untuk sisi kanan, gelap untuk sisi kiri, atau perpaduan di antaranya.

Dengan memakai baju  color block, kamu akan tampak lebih tinggi dan langsing. Gaun ketat tidak menonjolkan kegemukan apabila dibuat dengan perpaduan warna kontras yaitu gelap dan terang, misalnya biru dongker dan pink.

5. Boleh memakai gaun bercorak/berbunga

Kalau kamu ingin memakai busana bercorak bunga, boleh saja asalkan tetap membentuk pola vertikal.
Contohnya, warna dasar gaun coklat dengan bunga mengumpul di tengah membentuk pola vertikal. Model baju seperti ini membuat tubuh tampak lebih tinggi dan kurus. Lebih bagus lagi jika gaun tersebut berbentuk leher V berhiaskan renda, sehingga memperbaiki penampilan tubuh bagian atas agar lebih seimbang dengan bagian bawah yang lebih besar.

6. Hindari memilih bahan/kain yang berat dan besar 

Bahan yang berat sepeti beludru atau korduroi, dapat membuat kamu terlihat lebih gemuk dari sebenarnya. Sebaliknya, pilih bahan/ kain yang bisa memberi kesan melangsingkan, misalnya katun, sutra dan linen. Bisa juga kamu menggunakan bahan rajut (knit) asalkan tidak terlalu sempit. 

7. Gunakan baju berleher V

Baju berleher V membuat leher kamu terlihat lebih jenjang. Hindari model ‘turtleneck’ yang membuat leher dan tubuh tampak lebih pendek.

8. Pakailah sepatu hak tinggi (high heels)

Pemakaian sepatu hak tinggi sudah pasti akan menambah tinggi badan kamu.  Tetapi hindari hak yang terlalu tinggi sehingga membuat kaki kamu sakit atau tidak nyaman saat melangkah. Yang penting ketinggian hak cukup membuat tubuh kamu terlihat lebih tinggi dan membantu kesan langsing.

9. Hindari bahan elastis

Bahan elastis ataupun atau celana karet belakang akan membuat tubuh kamu terlihat makin gemuk. Bahan pakaian seperti ini, lebih mengikuti bentuk tubuh kamu. Lebih baik menggunakan baju berbahan ringan dan model longgar, tapi tidak terlalu longgar. Yang penting terlihat pas.

10. Hindari aksesoris berat

Aksesoris yang berat seperti ikat pinggang yang besar memang menarik dan seringkali nyaman dikenakan, tetapi ini akan menciptakan ilusi garis horizontal yang ‘memotong’ tubuh kamu menjadi 2 bagian (atas dan bawah), sehingga yang tercipta bukan kesan kurus dan tinggi tetapi sebaliknya.

Gunakan aksesoris yang ringan, misalnya ikat pinggang kecil, kalung yang ringan dan berwarna cerah. Justru aksesoris yang ringan akan mengalihkan perhatian orang sehingga, tubuh yang gemuk akan lebih tersamarkan.

So ladies, kini ga ada alasan untuk tidak tampil menarik sekalipun tubuhmu termasuk big size kan? Jangan lupa untuk menjaga posisi tubuh kamu, baik saat berdiri maupun duduk. Jaga agar kamu tetap merasa nyaman dengan apa yang kamu kenakan. Dan yang tak kalah penting adalah percaya diri, sehingga aura cantikmu lebih terpancar. Jangan lupa untuk tersenyum! [Tri]

astaga big size langsing fashion busana style