Musisi Indonesia yang Sentuh Ranah Internasional di Tahun 2020

Harus diakui, ada banyak kabar baik dari industri musik Indonesia. Di tengah peliknya hidup akibat pandemi COVID-19, banyak musisi menyajikan karya terbaiknya.

NIKI untuk album Moonchild (Instagram @nikizefanya)

Tetapi lebih dari itu, tahun ini Indonesia mencetak banyak nama yang menembus batas hingga ke ranah internasional. Siapa saja? Berikut daftarnya di bawah ini.

Rich Brian

Awal tahun 2020, namanya masuk ke jajaran pengisi line up festival Coachella 2020. Ia bersanding bersama musisi dari Asia seperti BIGBANG dan Epik High. Meski festival ini dibatalkan karena COVID-19, hal itu tidak menyurutkan kreativitas Rich Brian. Ia melepas album 1999 dan beberapa video musik.

NIKI - Moonchild

Rekan satu label Rich Brian, NIKI juga mendapat kesempatan tampil di Coachella. Tahun ini namanya kian bersinar setelah melepas album perdana bertajuk Moonchild. Dia juga berkolaborasi dengan End of the World, band asal Jepang untuk lagu Forever.

Dita Karang ‘Secret Number’

Dita Karang menjadi perempuan Indonesia pertama yang debut dalam grup K-pop. Secret Number di bawah naungan Vine Entertainment debut dengan lagu Who Dis? di bulan Mei. Dita Karang menjadi penari utama grup dan berhasil meraih penghargaan Best New Female Artist di Asia Artist Awards 2020.

Weird Genius

Lathi menjadi besar berkat grup musik Weird Genius yang terdiri dari Eka Gustiwana, Gerald Liu, dan Reza Oktovian. Tagar #LathiChallenge yang membahana di media sosial membuat video musiknya sudah ditonton lebih dari 100 juta kali melalui streaming. Kini, Weird Genius berada di bawah naungan label internasional, Astralwerks dari Universal Music.

Burgerkill

Bukan hanya dari genre pop, musisi metal juga makin menunjukan taringnya. Band Burgerkill dinobatkan sebagai Band Metal Terbaik Sepanjang Masa versi Metal Hammer UK, media online khusus musik rock dan metal di Inggris. Burgerkill menempati urutan ke-14, menyalip Dream Theater dan Lamb of God.

Berdasarkan survei yang dilakukan kepada 110 pendengar musik metal, Burgerkill menjadi salah satu kejutan besar. “Jangan pernah meremehkan kekuatan musik metal. Jika Anda tidak pernah mendengar band ini, bangun dan saatnya mendengarkan.”