Panasonic Kembangkan Kota Cerdas

Menjelang 100 tahun Panasonic, perusahaan elektronik ternama jepang itu mengembangkan pembangunan kota cerdas dan lestari di sejumlah negara. Pengembangan kota pintar itu diharapkan meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan.

Salah satu yang tengah dikembangkan di Indonesia adalah Kota Delta Mas Cikarang. Kota pintar itu digarap oleh PT PanaHome Deltamas Indonesia, perusahaan patungan PanaHome, Asia Pacific Pte.Ltd dengan PT Puradelta Lestari Tbk.

Menurut perusahaan giant tersebut, Indonesia merupakan pasar potensial dengan jumlah penduduk besar mencapai 250 juta orang.  Dengan demikian Panasonic berkomitmen mendorong inovasi produk untuk kehidupan yang lebih baik,

Saat ini tercatat, pendapatan total dari 10 anak perusahaan Panasonic di Indonesia mencapai Rp 14 triliun hingga Rp 15 triliun. Dari jumlah itu, kontribusi pasar domestik mencapai 30 persen.  Adapun produk rumah tangga yang dipasarkan terutama penyejuk ruangan sebesar 40 persen.  

Jumlah perumahan yang siap dibangun untuk kawasan hunian pintar di Cikarang itu sebanyak 1.500 unit. Harga jual rumah diperkirakan Rp 1,5 miliar hingga Rp 1,8 miliar per unit. Konsep rumah pintar itu mengutamakan fasilitas keamanan di rumah dan kawasan, sistem filter untuk kualitas udara yang bersih, dan penghematan energi, disamping layanan 24 jam. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir investasi properti