Makanan Berenergi untuk Puasa

By on July 15, 2013

Makanan Berenergi untuk Puasa

Jika Anda pikir menu berbuka hanya kolak, gorengan, dan biji salak ? Oh no!

Anda pasti memperhatikan ada banyak sekali penjual makanan dadakan di bulan puasa. Seolah-olah Anda ‘harus’  berbuka dengan makanan yang dia jual. Gorengan saat berbuka? tetot! Makan padang untuk sahur? Ow-ow!

Karena itu, Anda perlu lebih cermat dalam mengonsumsi makanan saat berpuasa. Makan besar saat berbuka atau sahur, namun tidak lama sudah berasa lapar. Nah, kenali jenis-jenis makanan apa saja yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Makanan Berenergi untuk Puasa

Telur
Dalam sebutir telur terkandung mengandung 70 kalori dan lebih dari 6 gram protein. Mereka yang mengonsumsi telur untuk makanan pertamanya cenderung akan kenyang lebih lama, kemungkinan karena protein memang bisa menahan rasa lapar. Rebus telur untuk dimakan begitu saja, atau jadikan pendamping makanan. Macam gado-gado dan telur.

Sup
Beduk maghrib, segera minum air dan santap makanan berkuah. Sebab makanan yang mengandung banyak air juga bisa membuat rasa kenyang lebih awet. Bila Anda mengawali hari dengan  mengonsumsi sup, Anda juga akan mengaktifkan sinyal otak yang akan memberi informasi ketika Anda sudah cukup  makan. Sup macam apa? “Pilih semangkuk sup yang terbuat dari kaldu, dengan sayuran yang kaya serat seperti seledri dan bayam,” saran ahli nutrisi Amy Jamieson-Petonic, RD.

avocado-on-spoon

Alpukat
Ini dia menu diet terkenal yang juga bisa Anda jadikan alternatif berbuka dan sahur. Alpukat kaya akan  olat, potassium, dan vitamin E. Dari banyak penelitian terlihat bahwa makanan yang mengandung tiga macam nutrisi ini akan lebih mengenyangkan daripada makanan lainnya.

Apel
Praktis, lezat, mudah didapatkan. “Sebutir apel hanya mengandung 80 kalori, tetapi kandungan 4 gram serat dan air yang tinggi pada apel bisa membuat sama kenyangnya dengan makan besar,” kata Jamieson-Petonic. Anda bisa menikmatinya begitu saja, atau mencampur dengan selai kacang, madu, atau di jus. Tergantung menu besar sebelumnya.

Kacang-kacangan
Ini dia camilan yang baik untuk tubuh! Camilan macam kacang mede, almon, walnuts, atau pistachio bisa Anda nikmati di masa imsak. “Kacang merupakan kombinasi sempurna antara serat, protein, dan lemak,” jelas Jamieson-Petonic. Namun ingat, jangan berlebih ya. Anda juga bisa menikmati sop kacang polong, kacang hijau untuk variasi.

Jika makanan tadi baik untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, tidak dengan makanan berikutnya. Camilan dengan pemanis buatan! Camilan yang dijual di mini market macam cookies, crackers, dan croissants, cenderung membuat Anda cepat lapar lagi.  Lebih baik makan makanan dengan gandum utuh macam roti gandum dengan selai kacang. Ini enak, sehat dan mengenyangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 8 = eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>