Syarat Foto Selfie CPNS yang Sesuai Aturan

Formasi CPNS sudah siap untuk diisi. CPNS sudah resmi dibuka hari ini dan web pendaftaran di https://sscn.bkn.go.id/ sepertinya sulit terbuka karena banyak pelamar yang sedang mengakses di waktu bersamaan.

Syarat yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

Ada 3 tahap utama yang harus dilalui oleh setiap pelamar. Tahap pembuatan akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) di https://sscn.bkn.go.id/, tahap cetak kartu pendaftaran, dan tahap verifikasi.

Saat tahap cetak kartu, calon pelamar diharuskan mengunggah (upload) foto diri dengan berselfie sambil memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga kartu SSCN yang telah dicetak secara mandiri.

Ini menjadi alur yang terbilang baru dan belum pernah diterapkan di pendaftaran CPNS sebelumnya.

Modifikasi syarat ini memiliki tujuan verifikasi setiap pelamar dengan identitas yang telah diisi secara online.

Bila foto diri terlalu besar, maka solusi untuk menyesuaikan size foto tanpa mengurangi kualitas foto bisa dilakukan dengan cara compress. Compress foto saat ini bisa dilakukan secara online atau pun offline. Untuk online saat ini banyak beberapa situs yang bisa dicari di mesin pencari online dan cukup ikuti petunjuk yang sangat sederghana.

Bila ingin melalukan compress secara offline, bisa dilakukan menggunakan aplikasi PhotoScape atau Paint. Size foto yang diminta adalah 120KB dan maksimal 200KB dengan format .JPG. atau .JPEG

#CPNS #pendaftaran #sulitakses #Nasional #News