Ernesto Valverde Resmi Tangani Barcelona Musim Depan

Manajemen Barca baru saja resmi mengumumkan pelatih anyar yang akan menggantikan Luis Enrique. Pada akhirnya, pelatih berkebangsaan Spanyol lainnya, Ernesto Valverde, resmi ditunjuk sebagai nahkoda anyar La Blaugrana.

Ernesto Valverde Resmi Tangani Barcelona Musim Depan

Konfirmasi tersebut disampaikan pihak Barcelona lewat akun Twitter resmi klub, yang menyebutkan kalau Valverde akan menjadi pelatih anyar mereka. Eks pelatih beberapa klub La Liga itu pun nantinya bakal meneken perjanjian kontrak dengan durasi dua musim, dengan pilihan perpanjangan kontrak tiga tahun.

"Ernesto Valverde resmi menjadi pelatih baru @FCBarcelona. Selamat datang!" begitu pernyataan Barca lewat Twitter resmi klub.

Presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu, juga turut menyampaikan komentarnya dalam pengumuman penunjukkan Valverde selaku pelatih anyar The Catalans itu. Menurut Bartomeu, sosok Valverde dianggapnya sebagai pelatih yang paling cocok untuk Barca. Selain mempunyai ikatan emosional selaku eks penggawa Blaugrana, Bartomeu melihat Valverde sebagai pelatih yang senantiasa mau berusaha keras.

"Valverde mempunyai kemampuan yang baik, pengetahuan dan segudang pengalaman.Ia pernah mempromosikan banyak pemain-pemain belia, serta ia juga telah mengetahui bagaimana cara Barcelona bermain," tulis Bartomeu dalam Twitter-nya.

"Ia pelatih yang suka bekerja keras dan memanfaatkan teknologi dalam latihan dan baik dalam manajemen laga. Ernesto Valverde bakal meneken perjanjian kontrak dua musim, dengan opsi tiga musim," katanya.

Setelah itu, Barca bakal memperkenalkan Valverde ke publik dalam konferensi pers pada hari Kamis 1 Juni 2017 waktu setempat.

"Perkenalan Valverde bakal digelar pada hari Kamis ini (1 Juni 2017)," lanjut Bartomeu.

Perekrutan Valverde ini sebenarnya telah terendus setelah Barcelona melepas Juan Carlos Unzue ke Celta Vigo. Awalnya, asisten pelatih Luis Enrique itu digadang-gadang sebagai salah satu calon kuat pelatih Barcelona musim depan. Alasannya adalah karena yang bersangkutan dinilai sudah sangat paham dengan isi dalam La Blaugrana.

Tapi pada akhirnya Unzue menerima pinangan Celta Vigo, berbarengan dengan hengkangnya Enrique dari jabatan pelatih Barcelona. Sejak akhir pekan lalu, Valverde pun makin dikait-kaitkan dengan jabatan pelatih di Barcelona. Walau sempat enggan berkomentar, tapi semua misteri pun kini tengah terungkap.

Ketika masih aktif sebagai pemain, Valverde memang pernah memperkuat Barca sepanjang dua musim, yakni sejak 1988 sampai 1990. Dalam kurun tersebut, Valverde mengantar Barca menjadi juara Copa del Rey di musim 1989/1990 dan memenangkan Piala Winners di musim 1988/89.

Setelah pensiun, ia mengawali profesi barunya sebagai pelatih sejak tahun 2001. Sejak awal kariernya, Valverde pernah mengatasi beberapa klub. Di antaranya adalah Athletic Bilbao, Villarreal, Espanyol di La Liga, serta Olympiacos menjadi satu-satunya tim di luar Spanyol yang pernah dilatihnya. Walau prestasinya tidak terlalu mentereng, tapi Valverde terbilang cukup baik.

Dikutip dari Ulasan M88 Valverde pernah menjuarai Liga Super Yunani bersama Olympiacos sebanyak tiga kali dan dua kali juara Piala Yunani. Di luar itu, ia juga sempat mengusung Espanyol menjadi runner-up Piala UEFA (Liga Europa) 2006/07 dan mengusung Athletic Bilbao juara Piala Super Spanyol 2015.

Dengan pengalamannya yang terbilang minim untuk melatih tim sebesar Barcelona, memang banyak yang meragukan kapasitas Ernesto Valverde. Akan tetapi, pengalaman Pep Guardiola bisa menjadi pembelajaran bagi pelatih-pelatih anyar Barca. Sebab, saat pertama kali ditunjuk sebagai pelatih utama, Guardiola belum punya pengalaman melatih tim senior. Ia hanya pernah melatih Barcelona B saat itu. Tapi buktinya, banyak trofi yang berhasil ia persembahkan untuk La Blaugrana. Kehadiran Valverde, yang juga pernah menjadi pemain Barcelona pun diharapkan bisa menuai prestasi yang tidak jauh berbeda.

Barcelona pelatih anyar