Makanan yang ‘Wah’ Banget Saat Puasa

Camilan biasa, rasanya luar biasa di bulan puasa.

Sudah tradisi, memasuki bulan puasa bermunculan pedagang makanan musiman, yang menjajakan camilan berbuka. Kalau hari biasa, ya camilan biasa aja. Namun di bulan puasa, rasanya jadi luar biasa.  Apa saja ?

Gorengan

Gorengan https://myeatandtravelstory.wordpress.com/2015/09/06/gunungan-gorengan-di-pondok-gorengan-gandapura/

Jangan heran tiba-tiba tetangga kamu gelar lapak dagang gorengan, mulai dari bakwan, tempe, tahu dan tentunya lontong isi dong. Berbuka dengan yang berminyak emang paling nyus.

Es Buah

Es Buah

Antrian di tukang es  buah di bulan puasa itu… kayak antrian masuk twenty one pas akhir pekan. Ramai lancar, meski kadang berdesakan. Manisnya es buah menggoda mereka yang hendak berbuka dengan yang manis.

Kolak

Kolak

Entah kenapa, kolak hanya populer saat bulan puasa. Di hari biasa, kolak hampir tidak dijual, kecuali dimasak oleh ibu di rumah. Mulai dari kolak ‘air’, asal manis, sampai kolak elit yang santannya kental dan rasanya super gurih.

Kurma

Kurma

Buah nabi ini banyak banget tersedia di pasara masuk bulan puasa. Setidaknya rumah-rumah menyediakan kurma, siapa tahu ada yang mau berbuka ala nabi.

Es Timun Suri

Es Timun Suri http://kemanaajaboleeh.com/2015/06/manfaat-timun-suri-bagi-kesehatan/timun-suri-2/

Satu ini nasibnya kayak kolak. Jika hari biasa, entah dimana si timun suri. Nah pas bulan puasa, si timun suri dan ‘saudaranya’ blewah, tiba tiba banyak di pasar, dan mungkin di lemari es rumah kamu.

Nah, sebelumnya cari tahu dulu dong jadwal imsakiyah ya :)

Lengkap, se-Indonesia!