Saat Hewan Mengerti Bahasa Manusia...

Penelitian terbaru menunjukkan anjing bisa memahami bahasa manusia dan cara penyampaiannya.

Siapa yang punya anjing? Penelitian terbaru dari Hungaria mengenai aktivitas pada otak anjing menunjukkan bahwa binatang yang satu ini bisa memahami bahasa manusia dan cara manusia menyampaikannya.

Penelitian ini dipimpin oleh Attila Andics, seorang peneliti di Universitas Eotvos Lorand, Budapest dan dimuat di jurnal Science. Kesimpulannya, anjing tuh bedain kata-kata dan intonasi suara manusia sebaik seperti yang otak manusia lakukan. WOW!

Gimana penelitian ini dilakukan? Sebanyak 13 anjing diperdengarkan rekaman suara pelatih mereka yang berbicara kepada mereka dengan menggunakan beragam kata-kata dan intonasi, dari pujian hingga kata-kata yang maknanya netral. 

Kemudian Andics dan rekan merekam bagaimana otak ke-13 anjing tersebut bekerja menggunakan scanner Magnetic Resonance Imaging (MRI). Otak kiri anjing merespon makna sementara otak kanan memahami nada suara atau intonasi dari ucapan manusia.

Objek penelitian yang nggemesin banget

Objek penelitian yang nggemesin banget huffingtonpost.com

Hewan bisa memahami bahasa manusia sebenarnya bukan hal baru. Berikut ini sejumlah video mengenai hewan-hewan cerdas yang bisa memahami bahasa manusia. Seru deh!

Alex, si kakaktua pintar

Burung yang satu ini termasuk legend banget. Alex dilatih oleh psikolog hewan Irina Pepperberg selama 25 tahun (1982-2007). Irina melatih Alex mengenali warna, benda, berhitung, berbicara dan lain-lain.

Namun, umur Alex tidak lama. Tahun 2007 burung cerdas ini meninggal. Hebatnya, media-media internasional seperti BBC, the Economist, CNN, dan lain-lain menampilkan obituarinya. 

Koshik, gajah yang bisa ngomong Korea

Gajah yang bernama Koshik ini bukan sembarang gajah. Gajah yang menghuni kebun binatang Everland ini bisa bicara bahasa Korea dan ini sudah dibuktikan oleh peneliti. 

Koshik bisa mengucapkan lima kata dalam bahasa Korea:  "annyeong" (halo), "joa" (bagus) "anja" (duduk), "aniya" (tidak), "nuwo" (berbaring).

Noc, paus yang bisa meniru manusia

Paus yang satu ini tenar banget saat belajar bahasa manusia tahun 1977 dan tahun 1984 ia mengucapkan kata-kata pertamanya. 

Kesimpulannya...

Jika hewan bisa mengerti bahasa manusia, indah banget kan jika manusia dan hewan bisa hidup damai. Seperti yang satu ini. Cute banget!

Betapa indahnya kalo bisa seperti ini,,yuk sayangi hewan karena mereka juga makhluk Tuhan.

anjing kucing gajah kakaktua penelitian