Efektif Cegah Double Swipe

Urusan belanja, ladies pasti sudah biasa melakukan transaksi dengan kartu debit dan kartu kredit.

Ilustrasi: Freeimages.com

Selain mudah, ladies tidak perlu repot membawa uang tunai ataupun pusing dengan uang kembalian. 

Namun, seiring dengan banyaknya pemberitaan penggesekan ganda alias double swipe, pernah tidak terlintas dalam benak bahwa data kartu ladies bisa dikloning dan digunakan secara tidak bertanggung jawab? Wah!

Nah, guna menjamin keamanan data dan mengantisipasi berbagai kemungkinan penyalahgunakan data dalam kartu debit dan kartu kredit, ada baiknya kalau ladies juga ikut berpartisipasi. 

Caranya bagaimana? Sederhana saja. Ladies bisa menanyakan langsung ke kasir toko dan memastikan saat transaksi pembayaran tidak dilakukan penggesekan ganda. Bila dijawab ya, maka ladies bisa membatalkan pembelanjaan.

Lalu bagaimana bila sudah terlanjur terjadi? Ladies bisa melaporkan hal tersebut ke customer service bank terkait atau langsung ke Bank Indonesia Contact Center (BICARA) 131, lengkap dengan menyebutkan nama pedagang dan nama bank pengelola yang dapat dilihat di stiker mesin EDC. 

Bagaimana pendapat ladies mengenai issue ini? Cuek saja dengan transaksi yang dilakukan atau ikut berpartisipasi dalam pencegahan? Ikut komen yuk 

Double Swipe kartu debit kartu kredit