Etika Mengirim Email dalam Pekerjaan

Di era digital yang semakin berkembang saat ini, penggunaan email menjadi hal yang lumrah. Namun untuk urusan pekerjaan, cara mengirim email, tidak bisa disamakan dengan mengirim email kepada teman.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilanggar saat mengirim email untuk urusan pekerjaan. Berikut hal yang harusanda perhatikan:

1. Jangan menyingkat kata
Selama ini kita terbiasa menyingkat kata saat mengirim pesan lewat handphone untuk menghemat karakter. Namun untuk email pekerjaan, anda jangan menyingkat kata. Gunakan kata yang lengkap dan formal, terutama jika mengirim atau membalas email atasan.

2. Ketahui siapa penerima email anda
Ketahui dengan jelas siapa penerima email anda, lengkap dengan jabatan dan kedudukannya. Jangan sampai anda berkirim email pada orang yang salah.

3. Sebutkan subjek dengan jelas
Tulis apa isi pesan anda dengan jelas di subjek email. Jika ingin lebih menarik perhatian, gunakan subjek yang menarik, namun tetap memakai bahasa yang formal.

4. Lugas dan jelas
Jelaskan isi email secara singkat, padat namun jelas. Jangan gunakan bahasa yang boros dan tidak efektif. Karena dalam pekerjaan, orang yang membaca email Anda bisa jadi adalah orang yang sibuk sehingga tak banyak waktu untuk membaca email yang bertele-tele.

5. Koreksi dengan teliti
Sebelum email  benar-benar dikirim, baca kembali isi email Anda. Perbaiki kesalahan huruf dan tanda baca. Meski terkesan sepele, kesalahan ketikan akan mengurangi point Anda.

Selamat mengirim email. [Tri]

mengirim email etika bekerja astaga wanita email