10 Tips Packing Simpel untuk Traveller

Hi ladies, tak terasa ya akhir tahun telah tiba. Itu artinya akan ada banyak waktu libur dan rencana piknik. Hmm..kemana kira-kira ladies akan pergi berlibur?

Ladies, kemanapun kamu akan berlibur, ada satu hal yang tak bisa dilewatkan, apa itu? Yaitu packing!
Ya, packing menjadi hal penting saat ingin pergi berlibur. Bahkan bagi banyak wanIta, rasanya ingin mengemas dan membawa semua barang ke dalam koper. Tapi sayangnya, tak semua barang bawaan itu terpakai di tempat tujuan. Akibatnya barang bawaan menjadi mubazir dan hanya menambah berat beban bawaan.

So ladies, ada tips packing simpel dan praktis agar kamu tak terlalu repot. Berikut ini 10 tipsnya!

1. Memahami kebutuhan

Cara mudah untuk memahami kebutuhanmu adalah dengan memastikan berapa lama waktu berlibur, bagaimana cuaca di tempat tujuan, apakah panas atau dingin. Kemudian kegiatan apa yang akan kamu lakukan disana. 
Misalnya mendaki gunung, berenang, menghadiri pesta resmi, bersepeda atau menyelam. Kegiatan ini tentu  membutuhkan pakaian dan peralatan khusus. So, kamu harus prepare untuk kegiatan kamu. Jangan lupa pack obat-obatan pribadi

2. Buat list

List atau daftar barang bawaan ini benar-benar akan membantu kita dalam berkemas loh! List ini sebenarnya bisa dengan mudah kita siapkan jauh-jauh hari. Catat apa saja barang yang perlu dibawa dan tak boleh tertinggal. Kemudian sesuaikan barang bawaan dengan list tersebut.

3. Size does matter

Dalam urusan packing, cobalah untuk membawa peralatan berukuran mini. Misalnya, untuk perlengkapan mandi (terkadang kamu tidak perlu bawa jika sudah disediakan di penginapan), bawalah sabun cair, shampoo, pasta gigi, handuk ukuran kecil. Atau misalnya kalau kamu harus membawa catokan supaya rambut tetap ok, cari juga ukuran yang kecil.
Berbicara mengenai size, jangan lupa juga untuk cari tahu mengenai ketentuan bagasi dari maskapai penerbangan yang kamu gunakan. Jangan sampai melebihi ketentuan sehingga harus bayar ekstra mahal untuk bagasi.

4. Pack dengan wadah yang kecil-kecil.

Bagi kamu yang suka dandan, kosmetik buat traveling dan harian dibedakan tempatnya. Semua kosmetik dan toiletries untuk traveling bisa dikemas dalam kemasan yang kecil-kecil, yang kira-kira cukup buat pemakaian sekitar 4 hari. Kalau mau pergi lebih lama, mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk membeli kekurangannya di tempat tujuan.

Untuk alat shalat, siapkan yang tipis dan mudah dibawa. Selain alat shalat, yang seringkali harus dibawa serta adalah handuk. Terutama buat yang kulitnya sensitif, nggak bisa pakai handuk yang disediakan hotel. Siapkan handuk kecil khusus travelling.

5. Bawa pakaian yang tak terlalu tebal

Bawa pakaian yang bahannya tak terlalu tebal, supaya praktis saat digulung. Nggak usah bawa yang ribet-ribet demi kelihatan bagus kalau difoto. Karena kamu mau traveling, bukan mau fashion show.

Kalau terpaksa harus pakai pakaian tebal dikarenakan cuaca, siasati dengan memakai double/layer. Pakailah pakaian yang menurut kamu paling tebal diantara yang lain, lalu double supaya tak menghabiskan tempat di koper, ransel ataupun traveling bag.

6. Gulung pakaian, jangan dilipat

Ketika kamu menggulung pakaian, maka space yang kamu dapatkan bisa lebih banyak jika dibandingkan kalau kamu melipat pakaian.

7. Cuci baju di tempat tujuan

Saat traveling jangka panjang, mencuci baju di tempat tujuan adalah pilihan terbaik. Kalau laundry di hotel mahal, nggak usah takut. Hari gini gampang banget dapat laundry kiloan di sepanjang jalan. Bisa selesai dalam sehari. Atau jika kamu menginap di kost harian/homestay, biasanya disediakan mesin cuci yang free digunakan.

8. Pisahkan tas untuk barang-barang berharga

Saat bepergian, selalu pisahkan tas yang berisi barang berharga seperti KTP, SIM, Paspor, credit card, uang cash, perhiasan, gadget, dan obat-obatan pribadi. Jangan sekali-kali menaruh barang berharga di bagasi pesawat karena keamanannya tak dijamin sama sekali.

Kalau kamu terpaksa bawa banyak uang cash, pastikan simpan di tempat yang paling aman dan pastikan juga kamu tak lupa dimana di tempatnya

9. Taruh barang yang penting di bagian paling atas

Selalu tempatkan barang-barang yang kamu anggap penting saat perjalanan di bagian paling atas dalam koper/traveling bag, supaya mudah meraihnya. Misalnya charger handphone, power bank, air minum, cemilan, buku bacaan, atau apapun yang kamu anggap penting. Ketika kamu membutuhkan, maka kamu akan cepat menemukannya tanpa menggangu penumpang lain.

10. Pakai sepatu yang nyaman

Pakailah sepatu yang nyaman. Buat para traveler, kaki tak perlu terlihat jenjang, yang penting nyaman saat buat jalan. Karena bukan nggak mungkin saat traveling kamu bakal lari-lari ngejar kereta, pesawat, atau shuttle travel.

Ladies, kesimpulannya adalah fokus pada apa yang benar-benar kamu butuhkan sehingga meminimalkan berat bawaan. Jangan membawa lebih dari apa yang kamu butuhkan. Dan yang lebih penting bagaimana kamu menciptakan liburan berkesan di tempat tujuan bareng teman, keluarga atau pacar. So, are you ready for travelling? [Tri]

astaga travel packing 10 tips traveller simple jalan-jalan