Tumpas Rasa Minder Dengan 10 Hal Ini

Percaya diri (self-confidence) adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya.

Orang yang percaya diri biasanya mempunyai inisiatif, kreatif, dan optimis terhadap masa depan, mampu menyadari kelemahan dan kelebihan diri sendiri, berpikir positif, menganggap semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Sebaliknya, orang yang tidak percaya diri ditandai dengan sikap-sikap yang cenderung melemahkan semangat hidupnya, seperti  pesimis, pasif, apatis dan cenderung apriori.

Perasaan percaya diri maupun rasa minder erat kaitannya dengan harga diri yang dimiliki. Memiliki harga diri yang positif berarti akan membuat seseorang percaya diri. Kepercayaan diri memungkinkan seseorang untuk memiliki harapan yang realistis mengenai dirinya sendiri dan dapat mengatasi situasi ketika harapan tersebut tidak dapat terpenuhi. Akan tetapi jika seseorang tidak cukup menumbuhkan harga diri yang positif maka rasa minder atau tidak percaya diri akan menguasainya.

Seseorang yang minder melihat dirinya sebagai tidak layak, tidak berharga, tidak diterima, tidak dicintai, atau tidak kompeten. Perasaan ini menciptakan image negatif dan pikiran yang kritis terhadap diri sendiri yang akan mempengaruhi tingkah laku serta pilihan-pilihan yang dibuat dalam hidupnya.

So ladies, jangan pernah dikuasai rarasa minder ya. Kalau kamu belum percaya diri, coba lakukan 10  langkah ini.

1. Menjaga penampilan

Tidak bisa dipungkiri, rasa percaya diri kadang muncul karena penampilan yang prima. Wajah cantik atau tampan, tubuh bugar dengan busana yang menarik. So, mulailah menjaga penampilan dengan merawat diri. Jaga kebersihan wajah dan tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Gunakan pakaian yang pas dan pantas di setiap kesempatan.

2. Menerima diri sendiri

Penting untuk dapat menerima diri sendiri apa adanya agar tidak terjerumus pada rasa minder. Tapi ingat ya,tp kamu tidak dapat mengharapkan untuk memiliki penampilan yang sama dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing baik dalam hal fisik maupun karakter. Menerima diri sendiri termasuk mensyukuri apa yang dimiliki beserta segala kekurangan dan kelebihan akan mencegah kamu dari rasa minder.

3. Memperbaiki penampilan

Selain penampilan yang terawat, masih ada aspek lain yang perlu dibenahi yaitu seperti busana dan tata rias . Ubahlah cara berpakaian menjadi lebih kekinian begitu pula dengan gaya rambut, pemilihan aksesoris, dan pemakaian make up bagi wanita. Padu padankan busana dan aksesori yang dimiliki untuk menciptakan kesan baru dan fresh.

4. Menghargai pencapaian diri

Berilah penghargaan pada diri sendiri dengan mensyukuri pencapaian yang kamu buat, sekecil apapun itu. Kamu patut bersyukur atas suatu pencapaian, karena setiap hal yang kita capai sebenarnya sangat berarti terutama jika hal itu terwujud berkat kerja keras diri sendiri. Beri hadiah bagi diri kamu setiap kali berhasil menaklukkan godaan untuk bersikap minder agar dapat menjadi suatu motivasi.

5. Cari dukungan

Kamu tidak dapat menghilangkan rasa minder tanpa dukungan atau bantuan dari orang lain yang mengerti permasalahan kamu. Jika lingkungan sekitar masih tetap membuat kamu tidak percaya diri, atau justru menjadi sumber dari semua perasaan minder kamu, maka carilah teman yang akan memberikan dukungannya padamu. Pilihlah teman yang akan membantu meningkatkan semangat untuk memupuk rasa percaya diri.

6. Tingkatkan pengetahuan

Pengetahuan adalah kekuatan, karena itu, sangat penting untuk menyerap berbagai informasi   untuk mengasah ketajaman berpikir kamu. Pengetahuan dapat memperluas wawasan seseorang, meningkatkan kemampuan diri dalam berbagai bidang dan juga menjadi sarana untuk menjadi lebih percaya diri dalam pergaulan sosial, karir, dan pendidikan. Pengetahuan juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas kepribadian seseorang.

7. Berpikir dan bertindak positif

Tidak cukup hanya selalu berpikir positif dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif, pikiran yang positif juga harus diikuti dengan tindakan yang positif pula. Mewujudkan tindakan yang positif dalam kehidupan sehari-hari akan sangat berpengaruh kepada peningkatan rasa percaya diri seseorang. Usahakan untuk meminimalkan kebiasaan berpikir negatif agar tidak melemahkan semangat kamu.

8. Banyak bergerak

Gerak tubuh berhubungan erat dengan kelancaran peredaran darah, yang akan memberi energi bagi seseorang untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Jika kamu banyak bergerak, termasuk berolahraga, tubuh akan lebih bugar dan pikiran jernih. Kamu juga akan lebih bersemangat dan percaya diri.

9. Gali potensi diri

Gali potensi diri sendiri. Jika kamu punya potensi di bidang seni, ga ada salahnya kamu asah dan ikuti berbagai kompetisi sekedar mengukur kemampuan. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya dirimu sekaligus membuang rasa minder jauh-jauh.

10. Bersikap aktif

Aktif dalam berbagai kegiatan dapat menambah teman pergaulan, wawasan, dan pengalaman. Hal ini akan menekan rasa minder. Seseorang yang aktif akan lebih percaya diri, mudah bergaul dan mengemukakan pendapat.

Nah ladies, bagaimana dengan diri kamu sendiri? Tak ada masalah kan dengan kepercayaan diri? Ingat ya ladies, rasa minder hanya akan menghambat masa depan. Merasa minder akan membuat seseorang enggan menjalani kehidupannya dengan baik,  selalu menarik diri dari kehidupan sosial, mengikis semangat hidup dan pada akhirnya akan menghancurkan diri sendiri.

So, kamu yang masih minder ayo wake up, musnahkan semua penyebab rasa minder. Lalu tersenyumlah, be positif dan kamu akan melihat betapa berharganya kamu! [Tri]

astaga minder \10 tips solusi citra